Diposting oleh On 15.10 with No comments

Hal-Hal Menarik dari Guru Olahraga Sekolah Dasar Dulu, Sekarang dan Nanti - Masa kecil sewaktu duduk di Sekolah Dasar alias SD adalah masa yang mungkin tidak akan terlupakan bagi setiap manusia di Indonesia, banyak pengalaman dan kenangan indah yang membekas di otak, pengalaman bermain bersama, mandi ke sungai setelah pulang sekolah, main karet di sekolah, harus datang pagi karena giliran piket di kelas, pemilihan ketua kelas dan pengalaman unik sejenisnya.

Kalau mengingat masa sekolah di SD kadang kita ingin kembali ke zaman itu, tugas kita hanya bersekolah tidak mikirin permasalahan cari duit, mikirin politik dan mikirin harga sembako yang makin naik aja.

Ngomongin sekolah SD, guru olahraga mungkin adalah sosok yang tak akan terlupakan dari benak orang Indonesia, kenapa begitu? karena guru olahraga biasanya hanya ada 1 orang dalam setiap Sekolah Dasar jadi dari kelas 1 awl masuk sekolah sampai kelas 6 mau tamat sekolah kita selalu belajar dengan guru SD yang sama.

Guru olahraga memng sosok yang unik, saya yang bersekolah di kampung pada tahun 90 an masih mengingat wajah guru olahraga saya waktu itu,hehehe

Ada keunikan guru olehraga di Sekolah Dasar, apa saja itu?

1.Di sekolah lebih sering pakai kaos oblong dan celana training

Guru olahraga di sekolah dasar mayoritas sudah berstatus sebagai PNS, namun mereka hanya menggunakan baju dinas atau baju formal hanya pada hari senin saat upacara bendera saja, dalam keseharian di sekolah kita lebih sering melihat guru olahraga memakai baju bebas baik saat mengajar walaupun sedang tidak ada jadwal mengajar.

2.Topi adalah aksesoris yang hampir wajib

Bukam hanya waktu SD, selama saya mengenyam pendidikan wajib belajar 9 tahun guru olahraga yang mengajar saya semuanya sangat suka memakai topi, kenapa begitu? mungkin karena profesi beliau-beliau lebih sering di luar ruangan sehingga topi menjadi pelindung kepala dari sinar matahari yang menyengat kepala.

3.Selalu membawa pluit kemana-mana

Pluit, prit...prit...., mungkin benda ini yang tak pernah lepas dari badan sang guru olehraga, pada umunya pluit digunakan untuk menjadi wasit saat olahraga di lapangan dan sering juga dijadikan alat bantu untuk memanggil siswa yang jauh dari jagkauan. Jadi kalau suatu hari anda bertemu dengan orang yang selalu membawa pluit kemana-mana jangan langsung memfonis dia sebagai tukang parkir karena bisa jad dia adalah seorang guru olahraga.

4.Sering ngajak belajar di luar kelas

Mata pelajaran Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan) mungkin menjadi salah satu mata pelajaran favorit dan ditunggu-tunggu anak SD di negeri ini, biasanya dari 10 kali pertemuan 7 kali diantaranya dilakukan diluar kelas mulai dari main bola, main kasti, main voli dan lain-lainnya. Guru olahraga sangat fleksibel dalam mengajar di lapangan, bahkan SD dekat rumah saya selalu memberikan pelajaran diluar kelas, murid dikasih bola dan alat olahraga lainnya lalu si guru keluyuran nongkrong entah kemana.

5.Jadi instruktur dan wasit adalah pekerjaan sampingan guru olahraga

Waktu masih bocah saya sering menonton kegiatan lomba olahraga seperti taanding bola, lomba voli dan lomba olahraga lainnya di kampung saya, tujuan utama mengunjungi acara tersebut adalah buat cari jajanan, hehehe...

Pada kegiatan olahraga itu saya sering melihat sosok yang tidak asing lagi yaitu guru olahraga, kadang sang guru berperan menjadi pelatih atau instruktur tim dan kadang juga tampil menjadi wasit pada kesempatan lainnya, pengetahuan di bidang olahraga membuat guru olahraga sering dipilih untuk menjadi pelatih ataau wasit (bukan wasit yang di sinetron ya...).

Nah, itulah ulasan saya tentang flashback masa kecil yang menuh warna saat sekolah menggunakan seragam merah putih, sosok seorang guru olahraga aka dikenang selalu dengan keunikannya, sampai saat ini sebagian hal-hal unik seputar guru olahraga ini masih ada pada guru olahraga saat ini.

Apakah anda juga mempunyai pengalaman yang sama dengan saya?ayo bagikan komentarnya!




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »