Diposting oleh On 17.09 with No comments

Asosiasi Jasa Web Atau Asosiasi Pembuat Web Perlu Nggak Sih??? Asosiasi atau bisa disebut juga dengan perkumpulan dan komunitas adalah wadah diskusi dan berbagi untuk orang yang mendalami suatu bidang, di Indonesia sendiri ada ratusan atau mungkin ribuan asoasi yang dibentuk untuk berbagai kepentingan mulai dari asosiasi bisnis sampai dengan asosiasi pekerja di bidang tertentu.

Pada artikel ini saya ingin menuangkan pemikiran dan pertanyaan seputar pentingnya sebuah asosiasi untuk usaha jasa pembuatan website.

Pemikiran yang muncul bermula dari kebingungan saya melihat banyaknya  jasa pembuatan website mulai dari yang profesional corporate sampai ke perorangan, hal yang sangat membingungkan adalah perbedaan tarif jasa yang ditawarkan kalau yang perusahaan menjual harga ratusan juta sedangkan yang perorangan menjual dengan harga ratusan ribu, ada yang menyasar konsumen kalangan bawah dan ada juga yang menincar konsumen kelas atas.

Terkadang terjadi kekacauan, mungkin konsumen masih awam dan belum terlalu mengerti manfaat dan fitur sebuah web lebih dalam, seringkali terjadi tawar menawar dan membanding-baningkan harga, misalnya anda perusahaan kecil menawarkan pembuatan toko online dengan tarif  Rp.1 Juta, lalu calon konsumen memfonis jasa yang anda tawarkan mahal karena setelah browsing di Internet banyak orang yang menawarkan jasa pembuatan toko online dengan harga Rp.300.000.

Mungkin hal diatas sering dialami oleh perusahaan startup yang menawarkan jasa pembuatan website, dan yang sangat memprihatinkan adalah jasa pembuatan web murah-murah itu banyak yang mengingkari janjinya seperti web yang nggak jadi atau malah menghilang dan tidak bisa dihubungi, kondisi seperti ini tentu membuat kapok konsumen dan mereka tidak mau lagi membuat website karena pengalaman buruk atas pelayanan buruk yang telah dialami.

Demikian pemikiran saya mengenai penting atau tidaknya Asosiasi Jasa Web Atau Asosiasi Pembuat Web, punya ide serupa atau masukan? silahkan kirim disini melalui komentar.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »