Diposting oleh On 15.44 with No comments

Benda Bertuliskan "Tjpetir" dari Indonesia Yang Hebohkan Eropa- Hari ini banyak media membahas sebuah benda yang berbentuk lempengan bertuliskan "Tjipetir", kalau dilihat benda lempengan ini tidak ada sesuatu yang spesial, benda persegi panjang yang terbuat dari karet ini menjadi bahan pembicaraan seluruh dunia dan menghebohkan Eropa.

Apa itu Tjipetir?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Tjipetir adalah suatu daerah di Sukabumi yang kini bernama Cipetir, di desa ini terdapat pabrik pengolahan karet yang dibangun oleh Belanda pada zaman penjajahan.

Pada saat itu, pabrik ini sangat aktif memproduksi lempengan-lempengan yang terbuat dari karet, lempengan tersebut dibuat untuk insulasi kabel telehraf yang melintang didalam laut saat itu, pabrik tua yang masih berdiri ini didirikan pada pertengahan abad ke 19 dan sampai saat ini pabrik ini masih berdiri dengan kokoh.

Kenapa Karet Tjipetir Bikin Heboh di Eropa?

Kehebohan ini berawal dari seorang warga Inggris bernama Tracy Williams yang menemukan lempengan karet bertuliskan Tjipetir di pantai dekat rumahnya, lempengan karet itu dibawa pulang dans disimpan Tracy untuk menjadi benda koleksi, tak lama setelah menemukan lempengan pertama, Tracy kembali menemukan lempengan serupa bertuliskan Tjipetir di pantai yang berbeda dua minggu setelah penemuan lempengan pertama.

Lempengan seperti karet dengan tulisan "Tjipetir" ini membuat Tracy penasaran dari mana asal benda tersebut, untuk menjawab rasa penasan dia memposting foto benda tersebut di akun facebook miliknya,Tracy menerima komentar beberapa temannya yang menemukan benda serupa tak lama setelah melakukan postingan tersebut, dan yang lebih anehnya lagi banyak pengakuan orang-orang dari negara lain di Eropa seperti Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Denmark yang mengaku menemukan benda serupa.

Perbincangan di sosial itu semakin rame seiring dengan bertambahnya pengakuan orang-orang yang menemukan benda serupa, penasaran dengan asal muasal benda itu Tracy lalu melakukan penelitian darimana sebenarnya benda bertuliskan Tjipetir itu berasal, banyak informasi yang simpang siur, ada yang mengklaim benda itu dari Malaysia, namun klaim tersebut terpatahkan dengan informasi dari seorang Budayawan di Jawa barat yang membeberkan tentang pabrik di Tjipetir atau Cipetir dengan data-data yang akurat.

Kenapa Tjipetir Sampai ke Eropa?Apa hubungannya dengan Kapal Titanic?

Pabrik pengelolahan karet Tjipetir memang khusus membuat alat yang dibutuhkan untuk penanaman kabel dalam laut, kala itu Belanda mengirimkan hasil olahan pabrik Tjipetir ke berbagai negara di dunia.

Kapal Titanic diyakini juga mengangkut lempengan karet Tjipetir dalam jumlah yang banyak, hal ini bisa dilihat dari data barang yang diangkut atau manifest kapal Titanic sebelum tenggelam, mungkin dengan karamnya kapal titanic lempengan-lempengan itu ikut hanyut dan tersebar mengikuti arus laut.

Beberapa sumber lain juga menyebutkan lempangan bertuliskan "Tjipetir" ini digunakan juga untuk lapisan kapal Titanic dan lepengan ini memiliki daya tahan yang lebih kuat daripada karet pada umumnya.

Beredar juga kabar lain yang menyebutkan kemungkinanan kapal kargo pengangkut lempengan Tjipetir ini karam sebelum sampai ditujuan.

Nah demikian kisah tentang Tjipetir yang sedang hangat dibahas belakangan ini, terimakasih sudah membaca artikel ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »